Cara Install Windows 7


Cara Install Windows 7 - Windows 7 merupakan operation system yang populer dan paling banyak digunakan saat ini di antara OS keluaran Microsoft, dengn tampilan yang dinamis serta bisa diubah-ubah sesuai selera pengguna itu kelebihan dari OS ini. Namun seperti os terdahulunya misalkan windows xp dan windows vista, os ini sering terkena serangan virus. Sehingga jika komputer anda telah kena virus ini maka anda harus melakukan install ulang untuk kembali meningkatkan performa dari windows 7 ini.Install Windows 7 mungkin harus segera anda lakukan untuk mengamankan data anda jika komputer anda telah diserang oleh virus. Sehingga disini akan dibahas mengenai cara install windows 7, yang perlu anda ketahui bahwa menginstall ulang windows 7 ini jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan install windows xp. Mungkin karena aplikasi ini lebih modern.Sebelum install Windows 7 ke komputer anda, ada beberapa hal yang perlu anda dipersiapkan salah satunya adalah persiapkan dengan baik komputer anda ditujukan untuk apa, misal jika hanya untuk ngetik dan browsing maka partisi bisa anda maksimalkan di D (hanya membuat partisi C dan D). Namun jika anda juga menyimpan file berupa Video Youtube, MP3, Film Terbaik dan sebagainya serta games, seperti games counter strike dan point blank maka anda harus membagi partisi anda setidaknya menjadi 3 atau 4 menjadi (C, D, E dan F). Itupun teragantung pada memori hardisk yang anda miliki.Oh ya, install windows 7 anda jika komputer anda terinfeksi virus adalah sebuah resiko menggunakan OS dari microsoft, namun jika anda tidak ingin melakukan install ulang serta data anda ingin aman anda bisa mencoba OS lain yang lebih tahan terhadap infeksi virus seperti Ubuntu, Kubuntu, SusheLinux dan lain-lain. Itu hanya sekedar informasi.

Windows 7
Install Windows 7

Baiklah ini selengkapnya:
Rekomendasi saya lebih baik anda membagi hardisk anda kedalam 3 partisi (C, D dan E). Drive C untuk system Windows, drive D untuk data dokumen serta file penting anda dan E untuk menyimpan data seperti musik, video dan sebagainya. Sehingga file anda terkesan rapi disimpan di komputer.

Ukuran atau size partisi memori hardisk anda:
Untuk membuat ukuran partisi ini menyesuaikan kapasitas harddisk. Sebagai gambaran data installasi Windows 7 (drive C) dengan beberapa program standar umum, misalnya Office, multimedia, Photoshop, Corel Draw dan lain umumnya sekitar 12 s/d 14 GB. Jika program-program tersebut versi terbaru semua, bisa mencapai 16 s/d 18 GB.

Jadi size drive C antara 30 s/d 50 GB sudah sangat mencukupi. Sekali lagi tergantung kebutuhan. Drive C tidak perlu untuk tempat menyimpan data, tujuannya sewaktu-waktu Windows error, dan tidak bisa di repair/restore, yang memaksa install ulang dan harus format, maka data tidak ada yang hilang.

Buatlah rancangan setiap drive/partisi size berbeda-beda, hindari membuat ukuran sama. Misalnya :
  • Drive C = 50 GB
  • Drive D = 83 GB
  • Drive E = 107 GB
Biasanya file video dan musik itu membutuhkan porsi besar sehingga anda bisa menyimpan film dan musik yang lebih banyak.

Jika sudah yakin dengan pilihan anda untuk install Windows 7, anda bisa langsung ikuti tutorial ini. Tapi jika ada wacana install Windows XP, maka yang di install XP dulu baru Win 7, kecuali Anda tahu edit file boot.ini

Langkah-langkah Install Windows 7
  • Setting BIOS agar first boot dari DVD-ROM atau USB Flashdisk.
  • Proses instalasi Windows 7 dimulai, Windows is loading file… Dilanjutkan Starting Windows.
  • Setting biarkan default, jika ingin beda ya silahkan. Klik Next
  • Tampil jendela baru, klik Install now
Selanjutnya proses Setup is starting…
  • Tampil jendela kebijakan lisensi atau apalah maksudnya, Kasih centang I accept the license terms, klik Next.
Jika sebelumnya sudah ada OS versi lama, bisa klik Upgrade, dan teruskan sendiri, karena saya belum pernah memilih ini.
  • Dalam tutorial install Windows 7 ini memilih klik Custom (advanced). Windows yang sudah terinstall masih bisa dipakai (dualboot/multiboot)
  • Membuat partisi Windows (drive).
Sebagai kelinci percobaan saya memakai komputer minimalis, cuma 15 GB. Nanti size partisi terserah Anda, sudah menyiapkan? [Jika dalam langkah ini tidak terdeteksi harddisk, silahkan baca harddisk gagal terdeteksi Windows]. Untuk membuat partisi klik Drive options (advanced) maka tampil beberapa opsi, dengan klik:
  • New
Pada kotak Size isikan besar partisi, jika ingin 50 GB maka ditulis 50000. Mengalokasikan drive C 50 GB, maka ditulis 50000. Selanjutnya klik Apply, muncul peringatan seperti gambar di bawah ini klik Ok.

Hasilnya partisi (drive) untuk sudah dibuat. Selanjutnya klik Format, muncul peringatan klik OK.
Dalam langkah ini diasumsikan harddisk masih baru. Jika sebelumnya sudah ada Windows, saat di format semua data akan terhapus (hanya pada drive ini, drive yang lain tidak terhapus). Jika OS sebelumnya penuh virus, maka langkah format adalah yang terbaik. Tapi jika ada beberapa data yang dianggap PENTING, bisa tanpa melalui Format, atau Anda masuk menggunakan Mini Windows XP di Hiren’s BootCD untuk memindahkan filenya.

Saat memilih Format seharusnya jangan ADA kesalahan memilih partisi, karena di awal sudah saya jelaskan untuk membuat size berbeda-beda.

Memilih partisi instalasi Windows.
  • Setelah membuat beberapa partisi, silahkan pilih yang diijinkan Windows. Selanjutnya klik Next.
  • Installing Windows.
  • Proses instal Windows ke komputer. Butuh beberapa waktu, silahkan ambil camilan dulu, terus dipaket ke Magelang :lol:
Proses install Windows 7
  • Setelah selesai komputer akan restart, tunggu saja dengan sabar
  • Ada tulisan Setup is preparing your computer for first use.
Masih setia menunggu…
  • Isi Username. Silahkan isi seperti gambar di bawah ini :roll:
  • User name
  • Nama bebas, terserah deh
  • Selanjutnya password sebaiknya dikosongkan saja langsung klik Next.
  • Masukkan nomor seri (jika sudah punya). Bisa dikosongkan. Belakangan saja nyusul :)
  • Registrasi Windows 7
  • Jangan lupa hilangkan centang Automatically activate Windows when I’m online, klik Next
  • Jendela selanjutnya pilih Ask me later :)
  • Jendela berikutnya bisa di setting sekalian untuk zona, waktu dan tanggal, atau belakangan, klik Next
  • Jendela Network terserah pilih yang mana. Kalau laptop bisa Public network. Untuk PC di rumah bisa Home network. Hanya untuk keamanan.
Tampil Dekstop, Windows 7 sudah terinstall di PC atau laptop dengan manis.
Semoga informasi ini dapat menjadi pengetahuan dan bermanfaat bagi anda yang belum mengetahui cara install windows 7. Jika dulu anda menganggap install windows 7 itu sulit maka sekarang anda dapat merasakan bahwa install ulang windows 7 ini sangat mudah.


Original Source: Ksaday http://www.ksaday.com/2012/02/install-windows-7.html#ixzz1qEKAMvW4 
Under Creative Commons License: Attribution

0 komentar:

Poskan Komentar

TULIS KOMENTAR